Semua ada di sini

Author: Tangguh Al Fatah

Mahasiswa

Sunday 8 November 2015

Cara Mengatasi Sakit Kepala

1. Duduk atau berbaringlah. Pusing atau kepala yang terasa ringan biasanya melanda ketika Anda berdiri atau bergerak ke sana ke mari. Saat muncul tanda-tanda pusing atau kepala yang mendadak terasa ringan, segera duduk atau berbaring. Tindakan ini biasanya bisa meringankan sensasi berputar dan lebih aman apabila Anda tiba-tiba terjatuh.
  • Jika Anda duduk, cobalah meletakkan kepala di antara kaki Anda. Posisi ini berfungsi meningkatkan aliran darah ke otak Anda. Berbaring akan menimbulkan efek yang sama.
  • Tetaplah duduk atau berbaring selama 1-2 menit, atau sampai rasa pusingnya hilang.

2. Minumlah air putih. Pusing seringkali juga karena dehidrasi. Dehidrasi terjadi umumnya karena kurang asupan air atau lupa menghidrasi tubuh selepas latihan. Hal ini juga dapat menjadi masalah ketika Anda menderita suatu penyakit yang mengakibatkan muntah-muntah, diare atau demam, sehingga Anda kehilangan banyak cairan. Setelah rasa pusing yang parah telah berlalu, Anda harus minum lebih banyak air atau cairan lain.
  • Jika Anda sulit minum banyak air, cobalah minum cairan lain seperti minuman energi, teh panas dengan sedikit gula, sup dan kaldu, atau jus buah yang diencerkan.
3. Makanlah sesuatu. Pusing bisa juga terjadi karena kadar gula darah yang rendah, terutama sering dialami oleh penderita diabetes. Ketika rasa pusing menyerang, cobalah makan camilan cepat, sebaiknya sesuatu yang tinggi karbohidrat atau gula. Cokelat batang atau pisang bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Fokuslah pada titik tertentu. Untuk mencegah rasa berputar ketika pusing menyerang, beberapa penari mempusatkan mata mereka pada titik tertentu. Teknik yang sama dapat digunakan oleh orang yang diserang rasa pusing.
  • Memusatkan perhatian pada tempat tertentu, seperti celah di langit-langit atau setitik kotoran di lantai, dapat menyadarkan indera bahwa Anda tidak benar-benar berputar, bertolak-belakang dengan yang tubuh kita berusaha katakan.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Tentang

Tangguh Al Fatah

Iklan

Open Iklan